Laman

Kamis, 06 September 2012

Ketika si Kecil Demam

Paling resah dan gelisah melihat si kecil rewel dan suhu tubuhnya tinggi (sekitar 38 derajat celsius). Dokter malah majin nakutin kalau-kalau gejala DBD, padahal saat itu si kecil lagi batuk pilek parah setelah kecapekan lebaran. Karena sudah 4 hari panasnya naik turun akhirnya cari-cari informasi, dan dapat informasi dari sini



Fuih sedikit lega setelah mendapat info bahwa demam merupakan mekanisme tubuh untuk melawan infeksi. Infeksi ini dapat berupa gangguan dari penyakit atau hal yang lain (misalnya tumbuh gigi). Karena bibit penyakit akan mati pada suhu yang tinggi jadi itulah kenapa badan akan bersuhu tinggi ketika ada bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh guna membunuh bibit penyakit tersebut. Bila demam diturunkan sebelum bibit penyakitnya musnah maka tubuh akan naik lagi. Jadi inilah sebabnya kenapa suhu tubuh anak saya kembali meninggi, terpicu oleh bibit penyakit yang masih ada dalam tubuhnya.

Ada patokan suhu tubuh yang memerlukan intervensi, yaitu:
  1. Bayi usia bawah 3 bulan dengan suhu diatas 38 derajat celcius.
  2. Bayi usia 3-6 bulan dengan suhu diatas 38,5 derajat celcius
  3. Bayi dan anak di atas usia 6 bulan dengan suhu diatas 39 derajat celcius
  4. Pantauan ekstra untuk anak dengan bakat kejang dan demam
Nah pas baca-baca lagi ada beberapa yang perlu diperhatikan:
  1. Banyak minum
  2. Ternyata kompres pake air hangat lho bukan air dingin
Kalo anak demam tanpa ada gejala yang mengikuti, kita harus waspada ya bunda, apalagi jika sudah 3 hari demam tidak turun maka kita perlu membawa si kecil ke dokter supaya diberi rekomendasi untuk tes urine atau tes darah.

Berikut patokan sederhana untuk demam yang umum:
  1. Demam + batuk pilek --- dapat dipastikan tubuh sedang melawan virus common cold , demam ini bisa berlangsung seminggu
  2. Demam hanya sore --- typhoid
  3. Demam tinggi 3-4 hari setelah itu normal kembali, si kecil mulai aktif dan timbul ruam-ruam merah --- roseola (biasanya terjadi pada bayi berumur kurang dari 36 bulan, namun kadang terjadi juga pada anak diatas usia 3 tahun)
  4. Demam + muncul ruam-ruam merah --- campak
  5. Demam 3-4 hari kemudian turun tapi si kecil malah lemas --- DBD
Semoga bermanfaat ya bunda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar